Kantor Pegadilan Agama Negara merilis hasil Survei kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Pelayanan Terpadu satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Agama Negara. Sebanyak 112 orang telah berpartisipasi dalam survei kepuasan masyarakat yang diselenggarakan Pengadilan Agama Negara sejak bulan Juli hingga Desember 2021 Semester II. Hasilnya, nilai Survei Kepuasan Masyarakat terhadap PA Negara  berhasil meraih tingkat kepuasan hingga  94,67 % dan terjadi peningkatan dari semester sebelumnya .

WhatsApp Image 2022 01 11 at 18.45.58

Survei Kepuasan Masyarakat diselenggarakan PA Negara  sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu (quality assurance) secara berkelanjutan. Pada tahun ini, survei dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Hasil Survei ini merupakan survey yang telah diselenggarakan selama 6 bulan penuh dari awal Juli s.d akhir Desember 2021 yang dilaksanakan di ruang pelayanan Terpadu satu Pintu PA Negara selama jam pelayanan untuk para pihak yang mengambil produk pengadilan baik akta cerai maupun salinan putusan atau penetapan. Tiap-tiap responden dipersilahkan mengisi data survey pada perangkat komputer yang disediakan di ruang PTSP PA Negara dengan data identitas dan  mengisi kuisioner Kepuasan Masyarakat secara elektronik.

WhatsApp Image 2022 01 11 at 18.45.58 1

Ada sembilan aspek yang disurvei, yaitu kesesuaian persyaratan pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan, kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan, kesesuaian produk pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, perilaku petugas pelayanan, kualitas sarana dan prasarana, dan penanganan pengaduan pengguna layanan.

Terhadap setiap aspek, ada empat kemungkinan nilai persepsi yang diberikan oleh responden, yaitu tidak baik (1), kurang baik (2), baik (3) dan sangat baik (4).

 

 

 WhatsApp Image 2022 01 11 at 18.25.49

 

Menurut Ketua Tim Survey Ahmad Nafari, S.H.I. dari hasil data survey yang telah dihimpun dominasi tingkat kepuasan responden adalah “sangat baik” diikuti dengan tingkat kepuasan “baik” dan tidak ada yang memilih tingkat kepuasan kurang baik apalagi tidak baik. Meskipun demikian hasil terendhnya akan dilakukan monitoring agar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan PA Negara semakin meningkat.

Semoga hasil survey ini dapat membantu memberikan masukan yang positif bagi  PA. Negara agar kedepanya dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara lebih baik. menjaga mutu pelayanan,dan Sistem Manajemen APM Pengadilan Agama Negara terus diterapkan secara efektif dan konsisten serta melakukan perbaikan secara berkesinambungan agar lebih meningkatkan kepuasan masyarakat, khususnya para pencari keadilan.