2d6175a3 0bd4 4232 aee8 f201942b4f88

NEGARA, Berita PA Negara – Ketua Pengadilan Agama Negara, Nofia Mutiasari, S.Ag., M.H., kembali menerima kedatangan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin sejumlah 10 (sepuluh) orang yang berasal dari Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) sejak 01 Juni 2022 lalu.

Sebagai salah satu kurikulum pilihan yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin, program magang ini dilakukan untuk mentransformasi ilmu yang diperoleh selama dibangku perkuliahan sekaligus sebagai bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi langsung di lapangan terutama dalam bidang penegakan hukum.

6e41bec8 08c3 48fd 811e 32297020e917

Selama 2 minggu melalang buana, para mahasiswa sudah banyak terlibat dalam pengalaman yang unik tak biasa yang tidak akan ditemukan dibangku kuliah. Contohnya saja hari ini (Rabu, 15/06/22), Panitera beserta seluruh jajarannya mulai dari para Panitera Muda, Panitera Pengganti, Jurusita, hingga Jurusita Pengganti hadir langsung memberikan materi kepada mahasiswa seputar kepaniteraan, kejurusitaan, dan materi teknis lainnya di ruang sidang Pengadilan Agama Negara.

Pertemuan yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Negara H. Ahmad Ramli, S.H., berhasil menyuguhkan tugas pokok dan fungsi kepaniteraan serta peran pentingnya dalam membantu Majelis Hakim ketika bersidang hingga minutasi. Materi hari ini pun lengkap dengan penjelasan cara pembuatan BAS dan proses pemanggilan, karena sejatinya Berita Acara Sidang (BAS) adalah mahkota seorang panitera sidang dan relaas panggilan adalah mahkota Jurusita/Jurusita Pengganti.

5261c095 0cba 4a25 8522 abe3b91a4781

Pada sesi akhir materi dilakukan diskusi dan beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan untuk mendalami atau memperjelas materi kepaniteraan hari ini. Dengan begitu, mahasiswa punya bekal tambahan untuk menghadapi masa depan yang saat ini menuntut untuk bisa berbagai macam keahlian dan tidak terbatas pada satu keahlian saja, demi terciptanya SDM yang berkualitas.

Penulis : Hakim Pengadilan Agama Negara