Untitled 3

Reformer aksi perubahan (Siti Raudah, S.H.I., M.H., Panmud Permohonan) melaksanakan Sosialisasi Aksi Perubahan berupa inovasi layanan “PASTI MANTAP” pada tanggal 7 April 2021 pukul 11.00 WITA bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Negara. Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Negara.

“PASTI MANTAP” merupakan akronim dari Penyerahan Produk Salinan Penetapan Pada Hari Yang Sama Setelah Pembacaan Penetapan berbentuk inovasi layanan. Reformer menyampaikan inovasi layanan ini terlahir sebagai aksi perubahannya pada diklat PKP angkatan 34 yang diselenggarakan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI yang penyelenggaraannya sejak 22 Februari 2021 hingga 5 April 2021. Inovasi layanan ini bertujuan untuk memberikan efisiensi waktu dan efektivitas pelayanan produk Pengadilan Agama Negara kepada para pencari keadilan. Sehingga memangkas banyak waktu tunggu pihak untuk mendapatkan produk pengadilan, berupa salinan penetapan.

 

Untitled 4

Menurut Siti Raudah, S.H.I., M.H., dalam sosialisasinya, inovasi ini merupakan kelanjutan dari program unggulan Badilag one day minute dan one day publish. Namun pada saat ini “PASTI MANTAP” masih berkisar inovasi uji coba jangka pendek (masa 2 bulan) untuk perkara permohonan dispensasi nikah non e-court. ”kedepannya jika masa uji coba berhasil maka inovasi layanan ini akan dijadikan inovasi resmi Pengadilan Agama Negara,” tutur Siti Raudah, S.H.I., M.H., dalam pemaparaannya.

Dengan manfaat dan tujuan yang tepat sasaran ini, reformer mengharapkan dukungan penuh tidak hanya dari unsur pimpinan maupun hakim tetap seluruh aparatur Pengadilan Agama Negara. Hal ini pun mendapatkan sambutan dan perhatian khusus Ketua Pengadilan Agama Negara.

“Inovasi ini luar biasa, tepat guna meskipun masih dalam tahap uji coba jangka pendek. Kami seluruh aparatur Pengadilan Agama Negara mulai dari Pimpinan, Hakim, para Panmud, seluruh pegawai kepaniteraan dan kesekretariatan, hingga tenaga kontrak mendukung penuh dan siap menyukseskan inovasi layanan ini,”pungkas Ketua Pengadilan Agama Negara dalam akhir sosialisasi ini.