WhatsApp Image 2021 01 07 at 2.51.27 PM

 

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sidang Keliling Tahun 2021 Pengadilan Agama Negara Bersama Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan KUA Daha Selatan, KUA Daha Utara dan KUA Daha Barat

 

WhatsApp Image 2021 01 07 at 1.57.33 PM 2

 

WhatsApp Image 2021 01 07 at 1.57.33 PM

 

Kamis, 07 Januari 2021, Pengadilan Agama Negara melaksanakan Rapat koordinasi dengan Kementerian Agama Kabuaten Hulu Sungai Selatan dan 3 (tiga) KUA (Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan) di ruang sidang Pengadilan Agama Negara dalam rangka pelaksanaan pelayanan informasi, konsultasi dan persidangan melalui sidang keliling.

Ketua Pengadilan Agama Negara, Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H., menyampaikan Pertemuan ini adalah langkah koordinatif untuk melakukan persiapan sidang keliling agar terjalin dan tercipta kesamaan persepsi dengan tujuan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, selain itu sebagai kegiatan berkelanjutan atas kegiatan sidang keliling pada tahun sebelumnya.

Hal ini untuk menjawab kesulitan masyarakat yang hendak berperkara namun terkendala dengan jauhnya jarak disertai mahal biaya transportasi jika masyarakat harus datang ke kantor Pengadilan Agama Negara. Sedangkan masyarakat sangat membutuhkan pelayanan baik informasi, konsultasi maupun persidangan perkara yang terkait dengan kewenangan Pengadilan Agama, sehingga masyarakat dapat berperkara tanpa harus datang langsung ke Pengadilan Agama Negara. 

Pelaksanaaan sidang keliling ini dilaksanakan dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan infromasi, konsultasi dan persidangan perceraian maupun perkara yang lainnya, yang menjadi sasaran adalah untuk masyarakat yang tidak mampu.

 

WhatsApp Image 2021 01 07 at 1.57.33 PM 3

 

WhatsApp Image 2021 01 07 at 1.57.32 PM

 

Pengadilan Agama Negara mengadakan kerjasama ini untuk memudahkan koordinasi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat tentang adanya pelayanan Pengadlan Agama Negara diluar gedung yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan berkoordinasi dengan 3 (tiga) KUA di wiayah yuridksi Pengadilan Agama Negara.

Sebagai langkah inovasi Pengadilan Agama Negara dengan kerjasama dengan pihak KUA untuk menghasilkan output bagi para pihak yang bersidang pada sidang keliling, untuk perkara istbat nikah maka Akta Nikah/ buku nikah dapat diterbitkan oleh KUA yang bersangkutan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah penetapan berkekuatan hukum tetap dilengkapi dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pihak, dan inovasi tambahan Akta Nikah/ buku nikah tersebut oleh KUA diserahkan kepada Pengadilan Agama Negara untuk diserahkan kepada para pihak menjadi satu paket bersama dengan penyerahan produk pengadilan (penetapan dan buku nikah).

Rapat koordinasi ini disambut baik dan antusias oleh Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan berserta 3 (tiga) KUA (Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat) dan sangat mendukung dalam pelaksanaan sidang keliling tersebut.

 

WhatsApp Image 2021 01 07 at 1.57.34 PM

 

Pelayanan melalui sidang keliling ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat. Karena dalam satu kegiatan, masyarakat bisa mendapatkan informasi, konsultasi dan bersidang bagi para pihak sehingga dapat memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum terkait dengan tupoksi Pengadilan Agama Negara.

Dengan adanya kerjasama yang akan dituangkan dalam MOU mengawali adanya koordinasi antara Pengadilan Agama Negara dan Kemenag Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dalam Hal ini 3 (tiga) KUA dalam wilayah Pengadilan Agama Negara, yang kedepannya diharapkan semakin terjalinnya hubungan dan koordinasi yang lebih meningkat sehingga secara bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, tepat dan mudah.