IMG 0206

Selasa, 8/10/2019, Dalam Rangka Peninjauan Pengadaan Sarana dan Prasarana Untuk Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Tahun 2019, Fany Widia, SE., MM. (Kepala Bagian Tatalaksanan Pengadaan Barang II Biri Perlengkapan MARI)., Isrul, SE., MH., (Kasubag Standarisasi Pengadaan barang II Biro Perlengkapan MARI).,  Heni Lestari, SH., M.M., (Staf Biro Perlengkapan)., Arif Hidayat, SE., MH., (Staf Biro Perlengkapan).,  dengan di damping Hendriansyah, S.H., M.H. (Sekretaris PTA Banjarmasin)., Hendra Surya, S.H., S.Sos., M.M. (Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Banjarmasin) dan Agung Abdurrachman, S.E. (Kepala Sub. Bagian Rencana Program dan Anggaran)  datangi Pengadilan Agama Negara.

IMG 0229

IMG 0230

Kedatangan Rombongan  disambut langsung oleh Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H., (Ketua PA Negara)., Hj. ST Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H., (Wakil Ketua PA Negara), Hakim, Sekretaris, Panitera.,  dan segenap Aratur Pengadilan Agama Negara.

 

IMG 0211

IMG 0213

Kemudian Rombongan melihat sekitar bangunan Kantor Pengadilan Agama Negara dengan bangunan Panggung di daerah rawa, yang bangunan tersebut masih menggunakan tungkat Kayu Besi (Kayu Ulin Kalimantan) dengan istilah Bangunan seribu tungkat.

IMG 0247

IMG 0244

IMG 0245

Setelah itu rombongan menuju Kantor Kerapatan Qhadi Negara, dari Stbl 1937 maka terbentuk Kerapatan Qadhi pertama yang diketahui oleh K.H. Sarahsi. Pada saat itu pelaksanaan sidang Kerapatan Qadhi dilaksanakan hanya di emperan Mesjid Jami’ Iberahim hingga jaman kemerdekaan persidangan dilaksanakan di KUA Kecamatan. Kerapatan Qadhi di Negara pernah dilekwedasi karena hanya berada di Kecamatan,  namun dengan adanya Peraturan Menteri Agama No. 89 Tahun 1967 Kerapatan Qadhi di Negara di bentuk kembali, banyak para Ulama ( Tuan guru sebutan daerah)  yang menjadi Hakim-hakim atau Tuan Qadhi pada saat itu yang merupakan sejarah yang letaknya di Desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang selama ini tidak bisa difungsikan lagi kegunaannya dengan keadaan rusak berat.

 

 

IMG 0239

Ketua PA Negara megabadikan kedatangan rombongan dengan photo bersama di depan Kantor Pengadilan Agama Negara