IMG 9688

Jum'at, 26 Juli 2019, di ruang Hakim Pengadilan Agama Negara, KPA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H.,  WKPA Hj. ST Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H.,. Panitera,  Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Gugatan, Panitera Pengganti, Jurusita dan JSP, berkumpul dalam acara  Pedoman Penyusunan Putusan dan BAS Peradilan Agama Tingkat Pertama.

 

IMG 9686

IMG 9690

KPA Negara mengutarakan suatu perkara dapat terselesaikan secara efektif dan efisien tentu memerlukan suatu pengaturan atau manajemen yang tepat dalam prosesnya. termasuk di dalamnya adalah proses berperkara di pengadilan yang akan berjalan dengan baik jika semua unsur di dalamnya terlaksana sesuai dengan tugas dan fungsinya. Salah satu unsur penting yang berpengaruh dalam proses berperkara di Pengadilan Agama adalah pelaksanaan persidangan. Proses persidangan yang dipimpin oleh Majelis Hakim dan dibantu oleh Panitera Pengganti dimana semua yang terjadi dalam persidangan harus dituangkan dalam sebuah berita acara yang tertulis secara sistematis.

 

IMG 9693

IMG 9696

 

Wakil KPA Negara Beliau dalam sosialisasi ini berusaha memaparkan teknis dalam penulisan berita acara sidang yang sesuai dengan standarisasinya serta apa saja komponen dalam penyusunannya dan sejauh mana sebuah berita acara sidang dapat menjadi unsur penting bagi hakim dalam menyusun putusan dalam keseragaman format.