KPA Negara Adakan Rapat Sosialisasi

dari Hasil Rapat Kordinasi PTA Banjarmasin dan PA Se Kalsel

Jum’at 03 / 05/ 2019 di Banjarbaru.

 

IMG 8518

Senin, 06/05/2019 KPA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag,. M.H., didampingi Wakil Ketua PA Negara Hj. ST Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H, dan Panitera PA Negara H. Husnan Taparrod, S.H., Adakan Rapat Sosialisasi dari Hasil Rapat Kordinasi PTA Banjarmasin dan PA Se- Kalsel pada hari Jum’at 03/05/2019 di Banjarbaru yang dihadiri oleh Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, Pegawai PA Negara termasuk para Honorer.

IMG 8515

IMG 8518

KPA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag,. M.H., Dalam arahannya beliau menyampaikan tentang arahan Ketua PTA Banjarmasin Drs. H.Sarif Usman SH., MH., yang memaparkan tentang hasil pembinaan KMA dan Dirjen Badilag di  Labuan Bajo tanggal 22 April 2019, diantaranya adanya Evaluasi Penilaian Keseluruhan pertiga bulan sekali, Zona Integritas Birokrasi dilingkungan peradilan di Indonesia, Tujuan dari adanya Reformasi birokrasi adalah untuk peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, lembaga peradilan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Selain reformasi birokrasi, transformasi dalam hal pelayanan public juga sangat dibutuhkan. Sebagai pelayan publik, Pentingnya kesadaran yang harus ditanamkan oleh aparatur peradilan akan hal pelayanan publik. Badan peradilan dengan segenap jajarannya dalam kebijakan dan penyediaan pelayanan kepada pencari keadilan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang sederhana dengan cepat.

Sedangkan Wakil Ketua PTA Banjarmasin Dr. H. Insyafli, M.H.I.  diawal pemaparannya menjelaskan bahwa hukum acara bersifat pasti, tidak ada ijtihad apalagi penafsiran, andaikan terjadi penyimpangan dari hukum acara tersebut akan diatur lebih lanjut oleh Mahkamah Agung, selanjutnya beliu menjelaskan tentang SEMA No 3 tahun 2018 yang Tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2018 sebagai pedoman pelaksanaan tugas bagi Pengadilan, yang khusus berlaku di lingkungan Peradilan Agama.

Kemudian KPA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag,. M.H memaparkan pemaparan dari Panitera PTA Banjarmasin Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H,. tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan APM dan ZI. LKE Zona Integritas Enam Area, (Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik),. Dalam perkembangan yang seperti ini, Pengadilan Agama Negara yang mengemban tugas peradilan sebagai barometer lembaga peradilan di Indonesia harus menyadari sepenuhnya norma hukum, bahwa kewenangan yang melekat pada Pengadilan Agama Negara itu sesungguhnya harus diberikan sepenuhnya kepada para pencari keadilan. Dengan sarana dan prasarana yang terbatas. Pengadilan Agama Negara sudah berkomit untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan di Wilayah PA Negara.