ttd KPA

 

Selasa, 09/04/2019, Ketua PA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H mengadakan acara Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan ketiga pihak dengan bersama-sama di ruang sidang utama Pengadilan Agama Negara, yang dihadiri  oleh Wakil Ketua Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., S.H., M.H, Para Hakim segenap Aparator Pengadilan Agama Negara, Kepala BRI Cabang Kandangan, Kepala BRI Unit Daha, Kepala BRI Unit Negara, Kepala PT. POS Indonesia Kandangan beserta rombongan, dan para undangan.

Dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam administrasi pengurusan perkara, Pengadilan Agama Negara membuat pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dengan menjalin kerjasama bersama PT. Pos Indonesia Kandangan dan BRI Cabang Kandangan.

Dengan adanya kerjasama tersebut masyarakat yang melakukan urusan perkara di PA Negara tidak lagi harus bolak-balik ke Bank untuk penyetoran panjar dan ke Kantor Pos untuk nazegelen surat bukti.

 

KPA Negr

 

Di sambutannya Ketua Pengadilan Agama Negara, Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H menerangkan sebenarnya sejak awal Januari semua sudah dijalankan prosesnya dengan tujuan bagaimana pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara prima tetapi karena berbagai kesibukan baru sekarang bisa diformalitaskan. “Untuk kesiapannya sendiri sudah siap semuanya, mengoptimalkan kelancaran jaringan internet  untuk transaksi di mesin EDC dan yang terpenting SDM juga sudah siap dan memahami cara bertransaksinya,” ungkapnya. Beliau bersyukur dan mengucapkan terimakasih karena sejak awal dilontarkan ide untuk permohonan kerjasama tersebut langsung disambut baik sehingga prosesnya berjalan lancar.

Dalam hal legalisasi, KPA. Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H menerangkan berkaitan dengan hukum formil dalam UU legalisasi jika pihak yang mengajukan tanpa legalisasi materai dan stempel dari Kantor Pos maka surat tersebut tidak bisa dijadikan alat bukti. “Meskipun tidak bisa mempengaruhi Putusan Hakim, tetapi juga sangat besar pengaruhnya dalam Putusan itu Kabul atau tidaknya, karena itu peran Kantor Pos sangat besar bagi kami,” terang beliau.

Beliau juga menceritakan sekilas sejarah Kerapatan Qadhi Negara dengan Stadbalt 1937 yang sekarang menjadi Pengadilan Agama Negara yang merupakan satu-satunya Pengadilan Agama yang berada di wilayah kecamatan namun statusnya dibawah Mahkamah Agung yang sejajar di Ibukota Kabupaten, PA Negara bukan cabang dari PA Kandangan malah merupakan PA tertua yang cikal bakalnya didirikan sebelum era kemerdekaan. Wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Negara meliputi Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat sedangkan PA Kandangan juga memiliki wilayah masing-masing yang berbeda, akan tetapi PA Negara dan PA Kandangan keberadaannya sama sama di wilayah hukum Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam artian PA Negara letaknya di Kecamatan sedangkan PA Kandangan keberadaannya di Kabupaten.

 

BRI

Dalam sambutannya Kepada BRI Cabang Kandangan, Muhammad Arief Prabowo mengucapkan terimakasih telah dipercaya sebagai bank transaksi pembayaran panjar perkara di Pengadilan Agama Negara, pihaknya memberikan kemudahan agar tidak mengantri bolak-balik lagi ke Bank.

“Kata orang ini zaman milenial, tidak manual lagi, kalau dulu transaksi antri di teller sekarang lebih banyak melakukan transaksi di mesin-mesin elektronik EDC,” ujarnya.

 

POS

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pos Kandangan, Bayu Eka Setiadi turut mengapresiasi selain dapat memberikan pelayanan mudah bagi masyarakat, kerjasama ini membantu kantor pos dalam penjualan materai sebagai tugas oleh Kemenkeu dalam pendistribusian materai.

Tugas kantor pos dalam hal ini melakukan nazagelen adalah mengaktifkan materai yang sudah di stempel di dokumen-dokumen, hakim tetap pada kekuasaannya mensahkan. “Istilahnya PT. Pos mensahkan perceraian orang, itu kantor pos tandatangan disitu, itulah kira-kira yang disalah artikan masyarakat ,” ujarnya.

 

ttd KPA

ttd BRI

 

jabat pos

 IMG 8375

Jabat BRI

Dilanjutkan dengan Penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU) oleh KPA. Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H,. dengan Kepada BRI Cabang Kandangan Muhammad Arief Prabowo dan Kepala Kantor Pos Kandangan, Bayu Eka Setiadi.

Photo bersama MOU

 Diakhir acara Ketua PA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H., dan Wakil Ketua PA Negara Hj. ST Zubaidah, S.Ag, S.H., M.H., mengabadikan dengan Photo bersama Pimpinan BRI Kandangan, BRI Negara, BRI Daha, dan Pimpinan PT POS Kandangan