Halaman kantor

Selasa (05/03/2019) tepat jam 08.00 pagi Tim Sidang Keliling berkumpul di Halaman Kantor PA Negara untuk menuju Dermaga/Pelabuhan Kecamatan Daha Barat, keberangkatan ke Daha Barat dengan menggunakan Speed Boat yang mampu membawa muatan kurang lebih 20 orang, sesampainya di Dermaga Desa Bajayau Lama Tim Sidang Keliling PA Negara disambut hangat oleh Kepala Desa Bajayau Lama dan segenap jajarannya serta tampak kegembiraan masyarakat di Desa tersebut.

dermaga1

Dermaga2

Deermaga 2

Dermaga 3

 

Dalam rangka pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan dalam menyelesaikan perkaranya dan untuk memberikan kemudahan serta keadilan kepada masyarakat yang tidak mampu khususnya masyarakat yang belum memiliki surat nikah, Pengadilan Agama Negara melaksanakan sidang keliling perdana di tahun 2019, istbat nikah prodeo di Desa Bajayau Lama Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

  kpa 1

kpa2

Waka 1

Waka 2

Pelaksanaan sidang keliling guna menyelesaikan perkara itsbat nikah dalam bentuk prodeo  (bebas membayar biaya perkara atau cuma-Cuma), dilaksanakan oleh PA Negara setelah Pengadilan  Agama tersebut mendapat anggaran untuk layanan sidang keliling & layanan prodeo. mengambil tempat di Aula Desa Bajayau Lama, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tim sidang keliling istbat nikah prodeo terdiri dari 2 Majelis, Yakni:

  1. Majelis Pertama dengan susunan sebagai berikut: Ketua Majelis oleh Hj. Nurul Hikmah, S.Ag., M.H didampingi 2 orang Hakim Anggota Riduan, S.Ag dan Rahmat Tri Fianto, S.H.I., M.H dan dibantu oleh Panitera Pengganti H. Muhammad Saleh, S.H., dan Lies Rufaida, S.H.
  2. Majelis Kedua dengan susunan sebagai berikut: Ketua Majelis Hj. ST. Zubaidah, S.Ag,. S.H., M.H., didampingi 2 orang Hakim Anggota Riduan, S.Ag dan Rahmat Tri Fianto, S.H.I., M.H dan dibantu oleh Panitera Pengganti H. Husnan Taparrod, S.H,. dan Dra. Halimah

  

Sedangkan yang menjadi dasar penetapan lokasi sidang keliling PA Negara di Kecamatan Daha Barat, Desa Bajayau Lama, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini adalah berdasarkan surat permohonan Kepala Desa Bajayau Lama yang ditujukan kepada Ketua PA Negara, yang isinya bermohon agar di Desa Bajayau Lama Kecamatan Daha Barat menjadi lokasi pelaksanaan sidang keliling PA Negara dan juga diterangkan dalam surat tersebut bahwa masyarakat muslim yang tinggal  di Desa Bajayau Lama Kecamatan Daha Barat banyak yang belum mempunyai surat nikah, sementara kemampuan keuangan masyarakatnya kurang mampu atau terbatas, hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan kami menetapkan lokasi kegiatan sidang keliling di Desa Bajayau Lama.

Salah satu program andalan Badan Peradilan Agama secara umum dan PA Negara khususnya adalah sidang keliling dan prodeo. Sidang keliling bertujuan agar dapat memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat pencari keadilan dan mendekatkan persidangan terhadap para pencari keadilan yang jarak tempuh dari rumahnya ke Kantor PA Negara terbilang cukup jauh. Sedangkan program prodeo adalah memberikan kemudahan terhadap masyarakat yang ingin berperkara sementara kemampuan keuangan masyarakatnya terbatas.

Pukul 09.30 Wita, acara sidang perkara itsbat nikah (pengesahan nikah) dalam bentuk prodeo (bebas membayar biaya perkara atau cuma-cuma) dimulai. Dalam pelaksanaan sidang keliling ini beragendakan pemeriksaan perkara itsbat nikah sebanyak 20 perkara, tepat pukul 18.15 Wita sore menjelang malam persidangan selesai dilaksanakan dengan hasil 20 perkara dikabulkan Pelaksanaan sidang keliling itsbat nikah di Desa Bajayau Lama Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini berjalan tertib dan aman dari awal persidangan sampai dengan selesainya persidangan, dimana tim sidang keliling itsbat nikah tidak mendapatkan suatu halangan