IMG 7884

Senin, 21/01/2019, bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Negara diadakan rapat sosialisasi e-cort, yang dihadiri oleh Ketua PA Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag. M.H., yang didapingi oleh Wakil Ketua PA Negara Hj. ST. Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H., Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, dan seluruh Aparatur PA Negara termasuk tenaga kontrak.

 

 

IMG 7881

Rapat sosialisasi e- court dipandu oleh pembawa acara Ahmad Abdul Hakam Kasubag Perencanaan,TI dan Pelaporan yang rangkap jabatan Plt. Sekretaris PA Negara.

 

IMG 7884

IMG 7887

Dalam sosialisai tersebut, Hj. Nurul Hikmah, S.Ag. M.H., menjelaskan bahwa jika aplikasi e-court ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka secara fundamental akan mengubah praktek pelayanan keperkaraan di Pengadilan Agama Negara,  Hal ini disebabkan karena jangkauan aplikasi ini juga merambah pada pelaksanaan persidangan secara elektronik  sesuai dengan acuan Perma Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan, yang berarti payung hukum persidangan secara elektronik (E-Litigation) sudah disediakan”, beliau menjelaskan.

Terkait dengan penerapan tersebut, di bagian lain Hj. Nurul Hikmah, S.Ag. M.H., menjelaskan bahwa untuk tahap awal aplikasi ini dipandang perlu, dan semua Aparatur Pengadilan Agama Negara harus tahu dan mengerti apa itu e-court dan harus bisa mengoperasikan aplikasi tersebut dan akan dibimbing oleh Tim IT serta di Evaluasi secara bertahab. Tambah beliau.